Kisah...pada Bab Entri Data dan Katakan Saja!

Pernahkah anda melakukan penelitian? Saya pernah. Eh,maksudnya sedang >.< Maksudnya penelitian yang dilakukan dalam rangka tugas akhir ala-ala kuliah gitu ya. Karena kalau penelitian lain sejatinya kita melakukannya juga kok. Misalnya kita sering, secara tidak sadar melakukan penelitian mengenai sikap orang terhadap kita, meneliti mengenai apa saja yang disukai orang dari apa yang kita lakukan.. yah, seperti halnya pada balita belajar hidup. Mereka belajar sikap apa yang pantas untuk dilakukan dan mana yang tidak pantas.

Kala kita melakukan penelitian, pada tahap awal ini yang dilakukan adalah pengambilan data. Seru deh. Banyak suka dukanya kalau mengambil data ke sekolah untuk keperluan penelitian. Saya jadi belajar banyak bahwa...apa yang sudah kita rencanakan memang tidak semuanya akan terlaksana dengan mudah. Misalnya, saat dulu belum mengambil data, terbayang kalau saat kita datang ke sekolah maka pihak sekolah akan memberikan data siswa yang kita butuhkan, lalu kita dapat melakukan pemilihan sampel secara acak. Faktanya? Ahaha...enggak gitu deh. Bisa mengambil sampel sesuai dengan kriteria yang kita butuhkan aja udah bagus banget loh.

Isi kuesioner!
Berinteraksi dengan anak sekolah sebagai responden saya itu rasanya...tua. Eh, iyalah saya dah tua. Di hadapan saya, mereka terlihat begitu penuh energi, menggunakan bahasa yang ringan (kadang tidak saya pahami sih) serta melemparkan saya ke masa belasan tahun silam kala saya pun masih duduk di bangku SMA. Waktu tidak akan berputar balik, Ram. Bersyukur mereka sangat kooperatif saat mengisi kuesioner yang saya berikan. Untuk kalian semua (saat bertemu, saya tidak menggunakan kata kalian melainkan teman-teman) yang telah membantu saya, terima kasih banyak ya! ^^

Fakta lain yang saya jumpai saat berinteraksi dengan pihak sekolah adalah..seringkali saya berhadapan dengan para Ibu guru yang baik hati dibandingkan para Bapak guru yang, tentu juga baik hati. Bagi saya --entah mengapa-- terasa lebih mudah pula berkoordinasi dengan para Ibu tersebut dibandingkan dengan para Bapak. Apa karena saya seorang laki-laki? Ah, mungkin bukan karena itu. Istri saya mengatakan karena saya tumbuh di dunia yang didominasi oleh para perempuan, begitu banyak sosok perempuan penting dalam hidup saya, serta tidak adanya (atau mungkin ada namun kurang melekat) figur laki-laki kala saya tumbuh. Hmm..mungkin saja itu benar.

Pengambilan data..juga ada kegalibannya. Pernah saat saya ke sekolah (tidak perlu disebut apa sekolahnya, tentu saja) saya bertegur sapa, hanya mengucap terima kasih saja sebenarnya kepada seorang perempuan di bagian resepsionis sekolah. Perempuan biasa saja. Loh tapi, saat menatapnya saya jadi teringat pada sosok yang pernah saya sukai di masa lalu. Freeze! 💘Saya membeku sejenak, untuk kemudian segera meninggalkan ruangan. Oh ya dunkz, ga boleh berlama-lama kalau kaya gitu. Jih, apaan nih?

Sesampainya di rumah, ya saya sampaikan apa yang terjadi pada istriku. Hmm.. pantas ga ya cerita tentang perempuan lain di hadapan istri? Eh, maksudnya kan bukan mau apa-apa. Saya meyakini bahwa istri kita pantas mendapatkan kisah tentang kita, dari tutur kita sendiri.  Ya, katakan saja! Tidak ada yang perlu disembunyikan di antara kami. Saya sampaikan saja " Bun..tadi...." Tanggapannya sih... "Eh...Ayah ya....." Lalu ia melanjutkan bahwa cowok mah emang gitu, karena biasanya berawal dari pandangan. Segitu saya ga suka cuci mata loh ya, kan harus jaga pandangan ^^ Tapi bagi saya ya cukup sampai di situ. Ga usah diperpanjang. Lega rasanya udah cerita sama istri akan apa yang kita alami di luar 💗

Nah lalu, di mana entri datanya kah? Ya ini. Kala data telah usai (sedikit lagi sih) perjalanan panjang entri data masih berlanjut. Menuju 320 responden yang datanya kita masukkan menggunakan jari-jemari..ditemani malam. 😴

Catatan kaki: emoji hati yang saya gunakan..asa udah lama ga lihat. Yang hati tertusuk panah kayaknya suka lihat di kamar mandi umum atau coretan di tempat wisata. Malas deh. Baru kali ini mencoba menggunakannya. Ahaha...


Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.